Senin, 21 Oktober 2019

Modernisasi Alat Produksi Kerajinan Tembaga Kuningan di Tumang buat Memuaskan Customer dari Kabupaten Kepulauan Sula

Kerajinan Kuningan Tembaga salah satu hasil Sentra kerajinan tembaga Tumang merupakan karya seni yang sudah tumbuh mjd Home industri sbg tulang punggung perekonomian masyarakat. produsen tembaga sebelumnya tergabung di dalam Kelompok produsen Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini mempunyai tingkat kemenarikan yang tak kalah dg perak atau bahan lain-lain. Pada perkembangannya sebagian produsen mencoba merintis kerajinan seni ukir tembaga yang jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pengusaha kerajinan tembaga juga berusaha ikut serta dunia kerja di Republik Indonesia . Bermacam hasil buah karyanya, mirip relief, kaligrafi, berbagai jenis tempat lampu, bowl, kaligrafi atau kubah masjid sudah menghiasi lebih dari satu tempat termasyur.
Sentra kerajinan tembaga di Tumang, Desa Cepogo, Boyolali mengalami kenaikan tumbuh. Tetapi bukan maknanya tak permasalahan. Dahulu produksi kerajinan tembaga di Tumang masih memanfaatkan alat manual. Banyak pengusaha logam Tumang yang mengaku bahwa mereka lagi kewalahan bersaing dg industri pabrikan oleh disebabkan tsb modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan menolong para pengusaha kerajinan tembaga. Sekarang Ini dg adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para pengusaha kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian pengusaha sekarang ini sudah memanfaatkan teknologi mesin. Ini dilakukan buat mengakomodasi membeludaknya permintaan. Permasalahan lain-lain, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dengan adanya bantuan peralatan pembuatan kerajinan tembaga modern dari pemerintah, diharapakan dapat lebih efisien biaya produksi & mempercepat proses pengerjaan kerajinan tembaga kuningan buat melayani keperluan customer. Sehingga customer puas & perajin kerajinan tembaga menerima untung. Produsen sungguh perlu ikut serta perubahan jaman, tapi juga perlu bantuan baik peralatan produksi yang modern juga pendampingan.
Beragam produk kerajinan tembaga yang dihasilkan oleh para pengusaha Tumang. Umumnya produk yang paling murah mirip lampu gantung berukuran mini dibeli buat kepentingan dekorasi kafe. Tetapi ada juga produk dg nilai miliaran juga sempat diterima para pengusaha kerajinan tembaga Tumang, mirip produk kubah masjid yang berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga masjid dibanderol menemui Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yang dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga bervariassi. Sementara tsb, lampu gantung buat furnitur rumah juga punya harga berbagai mulai Rp 1 jt s/d Rp 8 jt. Mayoritas harga kerajinan tembaga tetap sesuai dg tingkat kesulitan pengerjaan & bahan baku yang diwajibkan dipakai. Produsen kerajinan tembaga Tumang siap menerima permintaan dari manapun juga, termasuk permintaan dari Kabupaten Jembrana. Penjelasan lbh banyak silakan kunjungi web http://www.aagallery.co.id.